Sunday, September 23, 2018

Jaringan Komputer


Hai para pembaca sekalian pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai apa itu jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, dan jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya ,yuk langsung aja simak dan semoga bermanfaat.


A.    Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari 2 atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dengan melalui media transmisi / media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data dan aplikasi. Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer 1 dengan komputer lain untuk berkomunikasi dengan bertukar data. Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta & dapat memberikan layanan (service). Pihak yang meminta maupun menerima layanan disebut dengan klien (client) dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut dengan peladen (server).Desain sistem ini disebut client-server.
Atau juga kita dapat mendefinisikan bahwa Jaringan komputer adalah 2 komputer atau lebih yang dihubungkan dengan tools (misal kabel ataupun nirkabel sebagai medium tranmisi data) yang digunakan untuk mengirim / menerima data. Jika jangkauannya ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi , maka diperlukan tools tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai alat - alat interkoneksinya.

B.     Manfaat jaringan komputer
1. Berbagi sumber daya / pertukaran data
2. Mempermudah berkomunikasi / bertransaksi
3. Membantu akses informasi
4. Mampu memberikan akses informasi dengan cepat dan up-to-date


C.     Jenis- jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan

1. LAN ( Local Area Network)
Local Area Network (LAN) adalah salah satu jenis komputer yang sangat familiar , LAN ini sering kita jumpai di Kampus, Perkantoran, dan lain sebagainya. LAN ini dapat menghubungkan lebih dari 2 komputer di ruangan jarak dekat (terbatas).
Ilustrasi LAN




2. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network ini layanannya bisa mencakup wilayah yang luas dan kemampuan transfer datanya juga berkecepatan sangat tinggi. Wilayah cakupan  MAN ini berkisar hingga 50  KM.
Ilustrasi MAN



3. WAN (Wide Area Network)
Jika MAN bisa mencakup hingga 50 Km, Wide Area Network ini memberikan layanan lebih luas lagi bukan hanya wilayah namun bisa ke negara lain. Wide Area Network pada dasarnya adalah kumpulan dari beberapa LAN yang terdapat dibeberapa titik lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device (disebut dengan roter) untuk menghubungkannya.
Ilustrasi WAN



4. PAN atau Personal Area Network
PAN adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer, Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal). 
Ilustrasi PAN



Contoh Penggunaan Jaringan PAN
  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetoot
Sekian pembahasan kali ini megenai jaringan komputer, semoga bermanfaat dan jangan lupa perbanyak belajar karna makin banyak belajar makin banyak tau makin banyak tau makin banyak ilmu , salam bloger setia.

Dikutip dari sumber sebagai berikut:



No comments:

Post a Comment

Fungsi - Fungsi Protokol Jaringan

1. Fungsi ICMP Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya ...